Sabtu, 15 September 2018

Mengenal Apa itu Artikel Deskripsi dan Persuasi

Mengenal Apa itu Artikel Deskripsi dan Persuasi

Bagi Anda yang baru terjun ke dunia artikel. Perlu untuk mengetahui setidaknya apa yang dimaksud dengan artikel. Berikut adalah pengertian artikel menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Nah, jadi intinya seberapa penting sih penambahan sub heading dalam artikel? apapun tulisan baik itu dalam bentuk karangan yang diterbitkan di media cetak atau digital termasuk ke dalam artikel. Artikel kini menjadi jenis karangan yang sangat sering digunakan para penulis untuk memberikan berbagai informasi. Karena bahasa artikel cenderung lebih padat, namun penuh informasi, Anda bisa membahas apapun di dalam artikel.


Untuk mengenal lebih jauh mengenai artikel, Anda wajib mengetahui apa saja jenis-jenis artikel, yuk simak apa saja!

1. Artikel Deskripsi
Artikel deskripsi merupakan artikel yang membuat Anda membayangkan apa yang dituliskan oleh si penulis. Menarik bukan? Anda akan menggambarkan sendiri apa yang dikatakan oleh penulis. Gaya penulisan seorang jasa penulis artikel deskripsi ini biasanya digunakan untuk penulis yang menceritakan suatu wisata baik itu tempat maupun wisata kuliner.

Contohnya seperti ini:
  •  Pantai Taman

Tidak sembarang pantai, pantai ini memiliki objek lain yang semakin menarik wisatawan. Di pantai ini Anda bisa menikmati wahana flying fox setinggi 74 meter dari daratan dan panjangnya sekitar 450 meter. Sungguh sayang jika Anda melewati objek wisata ini, dikarenakan Anda mampu bermain sekaligus melihat pemandangan lautan dan juga luasnya pepohonan hijau dari atas. Menguji adrenalin sekaligus memberikan kenangan yang indah bukan?
Potongan artikel di atas mendeskripsikan sebuah pantai yang bisa Anda nikmati dari atas melalui flying fox. Indra yang akan bermain disini adalah imajinasi Anda, Anda pasti akan ikut membayangkan bagaimana rasanya berada di atas flying fox.
  •  Makanan Rendang

Makanan yang sudah diakui oleh dunia ini memang rajanya rempah-rempah. Tidak hanya kaya akan berbagai bumbu, Proses pembuatannya juga terbilang sangat lama. Biasanya 1 hingga 3 jam tergantung ketebalan dagingnya. Rasanya? Jangan tanya. Proses aduk-mengaduk selama berjam-jam membuat daging rendang menyerap bumbu dengan sempurna. Daging yang lembuh dibalut dengan rempah-rempah sungguh memanjakan lidah Anda. Rendang juga bisa disajikan lebih pedas dan sangat mantap disajikan beserta nasi. Pedas dan nendang, begitulah sebutannya."

Potongan artikel di atas mendeskripsikan sebuah makanan. Indera yang Anda gunakan adalah indera perasa. Terutama bagi Anda yang sudah pernah mencicipi rendang, pasti akan langsung terasa rindu untuk mengecapnya lagi.

2. Artikel Persuasi
Seperti namanya “persuasi” yang berarti ajakan, jenis artikel ini sering digunakan oleh penulis yang ingin mempromosikan suatu barang. Nantinya pembaca akan dibuat yakin untuk membeli suatu barang, serem ya? hehe. Untuk lebih jelasnya,  berikut adalah contoh artikel persuasi:

“Sudah banyak alternatif lainnya yang bisa Anda coba sebagai langkah memutihkan wajah. Salah satunya adalah produk dari Kaylin Kosmetik. Perusahaan ini menyediakan produk yang bisa Anda beli per satuan atau beli langsung perpaket. Untuk Anda yang ingin mencoba keseluruhan produk dari Kaylin, Anda bisa memesan melalui produk per paket saja, berikut adalah beberapa jenis paket yang ditawarkan:
  •  Paket Basic

Harganya hanya Rp 250.000 saja.
Paket ini lebih cocok untuk Anda yang tidak terlalu memiliki permasalahan kulit.
Untuk Anda yang kulitnya masih kusam, maka paket ini adalah solusinya.
Produk yang ditawarkan terdiri atas day cream, night cream dan juga facial wash.”

Nah, itulah sedikit perbedaan antara artikel deskriptif dengan artikel persuasi. Ayo semangat menulis!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar